Janji Menteri Baru Muhadjir Akan Perkuat Sekolah Vokasi dan Tingkatkan Kualitas Guru

ASSALAMUALAIKUM.WR.WB...
SALAM SEJAHTERA untuk kita semua. Para pembaca sekalian dimana pun anda berada INFO BERITA PENDIDIKAN pada kesempatan kali ini mengabarkan terkait Janji Menteri Baru Muhadjir Akan Perkuat Sekolah Vokasi dan Tingkatkan Kualitas Guru, Simak Berita selengkapnya berikut ini.






Muhammadiyah Malang didapuk untuk meneruskan tugas Anies Baswedan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Guru Besar Sosiologi UMM itu berjanji akan memperkuat peran sekolah vokasi.

"Yang pertama mempertajam fungsi pendidikan vokasi dan yang kedua menepatgunakan penyelenggaraan program Kartu Pintar. Dua hal itu adalah bentuk breakdown dari isu besar yang diadakan oleh Pak Presiden, yang pertama tentang masalah pemerataan break downnya di sektor pendidikan," ujar Muhadjir usai dilantik di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2016).

Menurut dia pendidikan adalah pintu masuk ke dunia kerja. Sementara itu perlu keterampilan yang baik dari sumber daya manusia untuk dapat bersaing di dunia kerja.

"Bidang saya adalah pendidikan tenaga tenaga terampil menengah, skill labour, maka jawabannya ya mempertajam pendidikan vokasi itu. Yang dimaksud mempertajam itu nanti akan kita coba bagaimana supaya pendidikan vokasi di Indonesia baik yang ada di sektor non formal maupun yang formal yaitu SMK, itu lebih spesifik dan betul-betul memiliki kompetensi yang bisa dipertanggungjawabkan misalnya dalam bentuk sertifikat," tutur Muhadjir.

Dia juga menyoroti soal tenaga pengajar yang banyak di antara mereka masih berstatus honorer. Tetapi perlu dilihat secara objektif sebelum dilakukan pengangkatan sehingga tenaga pengajar betul-betul berkualitas.

"Tentu saja itu akan kita lihat nanti secara lebih jernih, lebih objektif dan kita usahakan untuk betul-betul bisa mengatasi masalah tanpa menimbulkan masalah yang baru terutama dalam bidang tenaga didik, dan kita tahu tenaga didik itu sebenarnya soal honor itu bukan satu-satunya termasuk kita juga sedang berpacu untuk meningkatkan kualitas profesionalisme tenaga didik dan seterusnya tadi," kata Muhadjir.

Di kesempatan berbeda Anies Baswedan lalu menitipkan tugas untuk Muhadjir. Anies meminta agar Muhadjir memperhatikan sekolah-sekolah di pelosok negeri.

"Itu kita harap diteruskan. Yang ketiga adalah guru garis depan, program guru yang bertugas di pelosok-pelosok tanah air," ujar Anies dalam acara serah terima jabatan di Kantor Kemdikbud, Jl Jenderal Sudirman.
sumber : https://news.detik.com/

Sekian INFO BERITA PENDIDIKAN terkait Janji Menteri Baru Muhadjir Akan Perkuat Sekolah Vokasi dan Tingkatkan Kualitas Guru semoga bermanfaat jangan lupa LIKE FANS PAGE dan silahkan di SHARE Terima kasih atas kunjungan anda.....