Inilah Penjelasan Mendikbud terkait Sekolah 8 Jam Sehari

INFO BERITA PENDIDIKAN - Rencana penerapan sekolah delapan jam sehari dalam lima hari sekolah telah menuai kritikan dari berbagai pihak. Menteri Pendidikan dan Kebudayaann Muhadjir Effendy memberi pejelasan soal awal mula ide ini dan rencana penerapannya.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah adalah landasan hukum rencana itu. KPAI membuka kemungkinan mengajukan uji materi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 itu. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta Muhadjir menjelaskan kebijakannya itu. Pengurus Besar Nahdatul Ulama tegas menolak penerapan kebijakan itu. Bahkan Presiden Jokowi meminta agar rencana kebijakan itu dikaji ulang. Komisi X DPR juga menyatakan hal yang sama. 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaann Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy

Kini Muhadjir memberi penjelasan lebih lanjut. Intinya, sekolah delapan jam sehari itu bukan hanya diisi oleh kegiatan di dalam kelas, melainkan juga meliputi kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Asal muasal kebijakan ini berawal dari pencarian solusi agar guru-guru tidak kerepotan mencari tambahan jam mengajar untuk memenuhi syarat mendapatkan tunjangan profesi guru. Muhadjir juga menjamin kegiatan sekolah delapan jam tak akan mengganggu kegiatan Madrasah Diniyah.

Berikut adalah penjelasan lengkah Mendikbud Muhadjir kepada detikcom, Minggu (18/6/2017):

Semangat PP No 19 2017 tentang guru, sebetulnya ada dua isu yang terkait dengan lima hari kerja. Pertama, masalah beban kerja guru. Di dalam UU guru dan dosen (UU 14 2005), beban kerja guru itu minimal 24 jam tatap muka di kelas dalam seminggu. Jadi selama ini kerja guru itu hanya diakui tatkala berada di depan kelas. Ternyata dalam praktiknya banyak guru yg tidak bisa memenuhi. Karena pelajaran yang diampu jam nya Hanya sedikit. Misalnya pelajaran antropologi, bahasa asing, agama, dan lain-lain. 

Baca juga : 

Sekian INFO BERITA PENDIDIKAN yang kami lansir dari detik semoga bermanfaat jangan lupa LIKE FANS PAGE dan silahkan di SHARE Terima kasih atas kunjungan anda.....