Informasi Terbaru Penerimaan dan Kuota CPNS 2016 dari MenPAN-RB

Assalamualaikum.wr.wb. Salam sejahtera pembaca Info Berita Pendidikan sekalian kali ini kami akan menyampaikan Informasi Terbaru Penerimaan dan Kuota CPNS 2016 dari MenPAN-RB, silahkan simak berita selengkapnya berikut ini.


Informasi Terbaru Penerimaan dan Kuota CPNS 2016 dari MenPAN-RB
ilustrasi CPNS

Mulai Agustus 2016, pemerintah akan mulai membuka pendaftaran CPNS yang dimana tes akan dilakukan pada September hingga Oktober. Ditetapkan, kuota secara nasional sebanyak 81 ribu, 15 ribu di antaranya untuk pelamar umum, dan untuk masing-masing daerah, jumlah kuota akan diketahui pada bulan Juni-Juli.


“Seluruh pelamar CPNS baik pelamar umum maupun khusus, semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT). Tidak ada ‎yang tanpa tes,” tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi usai penyerapan 32 Top Inovasi Pelayanan Publik di Jakarta, Kamis (26/5).


Ia menegaskan, pada tes CPNS mendatang akan jauh lebih ketat karena yang direkrut adalah orang-orang yang akan sangat dibutuhkan untuk kemajuan yang lebih pesat di dalam roda pemerintahan. Tes semua formasi baik khusus dan umum akan tetap menggunakan sistem CAT. Untuk pelamar khusus, tes CAT ditujukan hanya untuk perangkingan, sedangkan umum tujuannya untuk mencari yang terbaik.

Pemerintah hanya menyediakan kuota untuk pelamar umum maksimal 15 ribu orang, persaingan dalam memperebutkan kursi CPNS 2016 akan jauh lebih ketat dari tahun sebelumnya. Itu pun sudah termasuk di dalamnya pelamar umum jalur lulusan cumlaude dari PTN berakreditasi A.

Yuddy sadar kuota pelamar umum ini sedikit. Namun dia menyatakan hal itu disebabkan pemerintah masih dalam kerangka moratorium terbatas. Pemerintah juga memprioritaskan lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan (Kemenkes), dan guru GTT (Kemendikbud).

“Yang prioritas tahun ini lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan, pendidik, dan penegak hukum,” ujarnya. Untuk tenaga pelamar umum, diprioritaskan kepada formasi yang mendukung program nawacita.

Mengenai lulusan cumlaude yang akan direkrut adalah sebanyak 1.000 orang. Mereka akan masuk kategori formasi khusus, namun tetap melewati prosedur tes.

“Kalau tahun lalu hanya ratusan lulusan perguruan tinggi berpredikat cumlaude yang direkrut. Tahun ini jumlah lebih banyak sekitar 1.000 orang,” kata Yuddy.

Dia menyebutkan, rekrutmen untuk lulusan cumlaude ini hanya terbatas pada perguruan tinggi terakreditasi A.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menambahkan, program studi dari PT harus akreditasi A juga. Yang dilihat tidak hanya PT negeri, swasta juga diberikan kesempatan.


“Jadi yang kami lihat adalah perguruan tinggi terakreditasi A. Mau dia swasta ataupun negeri‎ tidak masalah. Karena tidak semua PTN itu bagus, demikian juga tidak semua PTS jelek. Jadi yang diambil hanya akreditasi A saja,” tegasnya.

“Kami hanya menjaga lulusan terbaik ini jangan sampai diambil perusahaan luar negeri. Ditampung dulu semuanya baru ditempatkan di instansi-instansi. Namanya orang cerdas, ditempatkan di mana saja pasti bisa,” tambahnya. (*/ind)

SUMBER : pringsewuupdate

Sekian Info Berita Pendidikan yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat dan jangan lupa like fans page kami ya!!!! Terima kasih