DIRJEN GTK KEMENDIKBUD : 15.000 Guru akan Mendapat Dobel Sertifikat

Assalamualaikum.wr.wb...
Salam sejahtera rekan-rekan sekalian kali ini INFO BERITA PENDIDIKAN  akan menyampaikan berita terkait 15.000 Guru akan Mendapat Sertifikat Ganda, simak berita selengkapnya berikut ini.


Pemerintah akan memberikan sertifikat tambahan kepada ribuan guru adaptif SMK agar mampu menjadi guru produktif. Kebijakan ini untuk memenuhi kebutuhan 91.000 guru produktif di SMK. 
DIRJEN GTK KEMENDIKBUD : 15.000 Guru akan Mendapat Dobel Sertifikat
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata


”Saat ini SMK membutuhkan 91.000 guru produktif untuk empat program khusus padahal jumlah guru yang tersedia hanya berjumlah 16.000 orang,” Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata saat Konferensi Pers Hari Guru Nasional 2016, di kantor Kemendikbud, Jakarta, kemarin. Untuk diketahui, dalam jenjang SMK ada tiga jenis guru. Ada guru normatif yang mengampu pelajaran Pendidikan Agama atau Pendidikan Kewarganegaraan, guru adaptif yang biasa mengajar Fisika dan Kimia serta guru produktif yang mengampu program-program khusus. 



Keempat program khusus itu adalah studi Maritim Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Pariwisata dan Industri Kreatif. Pranata menjelaskan, upaya memberikan sertifikat tambahan kepada guru adaptif akan mulai dilakukan tahun depan. Nantinya setiap tahun akan ada program sertifikasi pendidikan dan sertifikasi keahlian bagi 15.000 orang guru. Program ini terus dilakukan hingga kekurangan guru produktifterpenuhi.”Kami mulai tahun ini memberi sertifikat (profesi) tambahan atau sertifikat ganda kepada guru adaptif. Dengan dua sertifikat ini, mereka jadi bisa mengajar dua mata pelajaran,” katanya. 



Untuk mendapat guru yang benar-benar ahli, kata Pranata, para calon guru dobel sertifikat itu akan diseleksi dengan tes bakat skolastik. Pelatihan akan dilaksanakan selama 12 bulan melalui pembelajaran mandiri di sekolah, pelatihan di dunia industri serta magang di salah satu SMK produktif. ”Mulai dilatih pada 3 Desember. Kita libatkan LPTK dan juga P4TK,” katanya. Para guru yang sudah dilatih ini, katanya, akan dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat pada Desember atau November 2017. 



Menurut Pranata, program dobel sertifikat ini tidak akan berpengaruh pada tunjangan profesi, tetapi lebih pada status profesionalitas mereka akan meningkat karena ahli dalam bidang mata pelajaran adaptif dan produktif. Ketua Litbang PB Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Mohammad Abduhzen berpendapat, kebijakan dobel sertifikat ini bagus sekali asalkan didahului dengan pelatihan- pelatihan pada bidang yang diperlukan. 



Dia meminta pemerintah memperhatikan kompetensi para guru yang akan mengikuti program ini, sehingga pemberian sertifikasi ini tidak mengulang sertifikasi portofolio yang dia anggap tidak memiliki manfaat kualitatif. ”Ini sebenarnya langkah darurat untuk mengatasi dengan cepat kekurangan guru produktif,” terangnya. Abduhzen menambahkan, agar semakin menarik minat guru untuk mempunyai dobel sertifikat, semestinya pemerintah juga memberikan insentif. 


BACA JUGA :


Sekian INFO BERITA PENDIDIKAN yang kami lansir dari sindo.com semoga bermanfaat jangan lupa LIKE FANS PAGE dan silahkan di SHARE Terima kasih atas kunjungan anda.....