Pemerintah Janji Pembayaran TPG Kelompok Guru Swasta Akan Di Selesaikan Akhir Juni Ini

Assalamualaikum.wr.wb...Salam sejahtera rekan-rekan sekalian kali ini Info Berita Pendidikan akan menyampaikan berita terkait Pemerintah Janji Pembayaran TPG  Kelompok Guru Swasta Akan Di Selesaikan Akhir Juni Ini, simak berita selengkapnya berikut ini.

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih menanggung hutang pembayaran tunjangan profesi guru (TPG). Jumlahnya mencapai Rp 601 miliar. Hutang itu untuk pembayaran satu bulan TPG kelompok guru swasta.


Pemerintah Janji Pembayaran TPG  Kelompok Guru Swasta.Akan Di Selesaikan Akhir Juni Ini
ilustrasi



Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata menuturkan akan berupaya menutup hutang TPG itu tahun ini juga. ’’Supaya kami tidak punya tanggungan lagi,’’ jelasnya di gedung DPR Senayan kemarin (24/6).

Pejabat yang akarab disapa pranata itu menjelaskan ada dua skenario untuk menutup hutang itu. Pertama adalah menggunakan tambahan anggaran di APBN Perubahan 2016 Kemendikbud. Di dalam APBNP itu, anggaran Kemendikbud yang sebelumnya dipotong Rp 6,5 triliun, dikembalikan lagi Rp 1 triliun.

Nah dari pengembalian anggaran Rp 1 triliun itu, sebesar Rp 546 miliar diantaranya digunakan untuk menutup hutang TPG. ’’Masih ada sisa hutang sekitar Rp 55,2 miliar, kita gunakan anggaran efisiensi di Ditjen GTK,’’ jelas Pranata. Dia optimis hutang pembayaran TPG itu bisa selesai dalam penyaluran tunjangan akhir Juni ini.

Menurut Pranata penganggaran untuk TPG sulit sekali pas 100 persen. Sebab dalam perjalanannya ada guru yang naik pangkat, sehingga butuh tambahan dana. Pasalnya besaran TPG mengikuti gaji pokok untuk guru PNS. Begitupun bagi guru swasta, mengikuti penyetaraan atau inpassing.

Anggota Komisi X Isma Yatun menuturkan sejatinya mereka mengusulkan penambahan anggaran Kemendikbud di APBNP 2016 mencapai Rp 3,5 triliun. ’’Tetapi setelah kami upayakan, dipenuhi penambahan Rp 1 triliun saja,’’ kata dia. Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan penambahan anggaran Rp 1 triliun itu diharapkan untuk urusan guru.

Isma Yatun menjelaskan tambahan anggaran Kemendikbud Rp 1 triliun itu terbagi untuk beberapa bidang. Untuk guru mencapai Rp 546 miliar, bidang pendidikan dasar dan menengah Rp 356 miliar, pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat (dikmas) Rp 50 miliar, serta dukungan manajemen rp 47 miliar. Dengan penambahan anggaran Rp 1 triliun itu, pemangkasan anggaran Kemendikbud hanya Rp 5,5 triliun. (wan)

Sumber : radarpekalongan

Sekian INFO BERITA PENDIDIKAN yang bisa kami sampaikan terkait Pemerintah Janji Pembayaran TPG  Kelompok Guru Swasta Akan Di Selesaikan Akhir Juni, semoga bermanfaat jangan lupa LIKE FANS PAGE dan silahkan di SHARE Terima kasih atas kunjungan anda