Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp3 triliun tahun 2017 untuk 12 Ribu Orang

Assalamualaikum.wr.wb...
Salam sejahtera rekan-rekan sekalian kali ini Info Berita Pendidikan akan menyampaikan berita terkait Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp3 triliun tahun 2017 untuk 12 Ribu Orang, simak berita selengkapnya berikut ini.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp3 triliun untuk tahun 2017. Dana itu rencananya bakal disalurkan kepada 12.119 penerima beasiswa LPDP yang berjalan (on-going).
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp3 triliun tahun 2017 untuk 12 Ribu Orang
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp3 triliun tahun 2017 untuk 12 Ribu Orang

Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo mengungkapkan, setiap tahunnya, alokasi dana beasiswa LPDP terus meningkat. Tahun lalu, realisasi dana beasiswa LPDP hanya sebesar Rp1,4 triliun. Tahun ini, realisasi penyaluran beasiswa diperkirakan bakal mencapai Rp2,3 triliun. Hal itu juga diikuti dengan peningkatan jumlah penerima beasiswa.

“Kami laporkan di tahun 2015 penerima beasiswa yang on-going dan sudah diberikan pendanaan adalah 4.789, di tahun 2016 angka tersebut meningkat hampir dua kali lipat menjadi 8.906 orang penerima beasiswa,” kata Eko dalam rapat panitia kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat di Gedung DPR, Kamis (22/9).

Jika dirinci, beasiswa tersebut meliputi beasiswa magister dan doktor, beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa afirmasi, beasiswa spesialis kedokteran dan lainnya.

Selain itu, lanjut Eko, LPDP juga bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk memberikan beasiswa bagi dosen yang ingin kuliah di dalam maupun di luar negeri.

“Program beasiswa yang disediakan oleh LPDP pada tahun 2016 ini telah diberikan kepada 2.160 dosen. Itu hanya pada tahun 2016 dan itu merupakan lonjakan penerima beasiswa LPDP dibandingkan tahun yang sebelumnya,” ujarnya.

Sementara, peneriman LPDP yang berasal dari investasi dana abadi masih tak sebanding dengan dana beasiswa yang disalurkan.

Disebutkan Eko, rata-rata penerimaan LPDP pada 2015 di atas Rp1 triliun. Di 2016, penerimaan ditargetkan sebesar Rp1,3 triliun dan di tahun 2017 sebesar Rp1,5 triliun.

“Pada tahun 2016, realisasi penyalurannya melebihi dibandingkan pendapatan yang diperoleh. Kemudian pada tahun 2017 diperkirakan pendapatan yang diperoleh Rp1,5 triliun sementara belanjanya Rp3 triliun,” jelas Eko.

Konsekuensinya, LPDP harus memanfaatkan surplus anggaran tahun sebelumnya dengan menggunakan prinsip Badan Layanan Umum (BLU).

Sebagai informasi, dana abadi LPDP berasal dari Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang disuntikkan pemerintah setiap tahunnya. Eko menyebutkan, saat ini dana abadi LPDP telah mencapai Rp15,6 triliun.

“Di tahun 2016, ada alokasi (DPPN) sebesar Rp5 triliun. Namun hingga saat ini belum dicairkan. Kemudian, di tahun 2017 kami mengusulkan Rp2,5 triliun,” ujarnya.

Sekian INFO BERITA PENDIDIKAN yang bisa kami sampaikan terkait Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp3 triliun tahun 2017 untuk 12 Ribu Orang semoga bermanfaat jangan lupa LIKE FANS PAGE dan silahkan di SHARE Terima kasih atas kunjungan anda.....